by

Harta dan Anak Adalah Perhiasan Kehidupan Dunia

-Kajian-6 views

IMEDIACYBER | Dalam Alquran banyak dikemukakan ayat yang mengkaitkan secara langsung antara harta dengan anak. Dalam QS At-Thagabun :15, misalnya, Allah berfirman, Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan bagimu. Dan disisi Allah-lah pahala yang besar.

Hal tersebut disampaikan ulama Indonesia terkenal, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (26/10/2021).

Uwi melanjutkan, sementara dalam QS Al-Kahfi: 46, Allah juga berfirman, Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya disisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

Menurut Uwi, dari ayat-ayat itu dapat ditarik pelajaran berharga untuk menata kehidupan ke arah yang lebih baik dan lebih bermanfaat di sisi-Nya. Bahwa kecintaan manusia pada harta dan pada anak adalah relatif sama.

“Seorang manusia yang sehat jasmani dan ruhaninya pasti akan mencintai anaknya persis sama dengan kecintaan pada hartanya,” ujar Uwi.

Karena itu, sambung Uwi, Alquran tidak melarang manusia mencintai keduanya, hanya saja kecintaan tersebut tidak boleh melebihi kecintaan kepada Allah SWT, Rasul-Nya, dan jihad di jalan-Nya.

“Walahu’alam,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed