by

Sandiaga Uno Sebut Sate Bulayak Rasanya Luar Biasa Lezat

-Wisata-8 views

IMEDIACYBER | Kuliner yang satu ini telah menciptakan banyak lapangan kerja karena keunikan dan kelezatannya. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (3/11/2021).

“Namanya SABU (Sate Bulayak),” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, sate daging sapi khas Pulau Lombok, NTB yang rasanya luar biasa lezat!

“Ada yang sudah pernah mencobanya saat wisata ke Lombok?,”demikian tutup Sandiaga.

Sebagai informasi, Bulayak berasal dari bahasa Sasak yang artinya lontong, dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Jadi, sate bulayak bisa berarti sate lontong.

Lontong dalam sate bulayak ini berbeda dari lontong sate umumnya. Sebab, dibungkus menggunakan daun enau atau daun aren. Alhasil, lontong terasa lebih harum dan menggugah selera

Dari satenya sendiri, sate bulayak ini pada dasarnya mirip dengan sate lainnya, yautu berupa daging yang dibakar. Daging yang biasanya digunakan untuk sate bulayak adalah daging sapi. Tapi bisa juga menggunakan jeroan sapi.

Jika sate biasanya disantap bersama bumbu kacang atau kecap, sate bulayak disantap bersama bumbu kacang yang dipadu rempah dan santan. Bumbunya pun memiliki cita rasa mirip bumbu kari.

Konon, sate bulayak telah ada sejak zaman dahulu dan sering hadir setiap ada upacara adat di Lombok.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed