by

Kenakan Tenun Ikat Kediri, Gubernur Khofifah: Keren Kan?

-Ragam-8 views

IMEDIACYBER | Outfit yang saya kenakan ini bahan dasarnya tenun ikat Kediri. Bagaimana keren kan?

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (13/11/2021).

Khofifah mengungkapkan, tenun ini termasuk karya legend Indonesia. Sentranya sendiri ada di Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

“Oh ya, Tenun Kediri ini punya banyak jenis, mulai dari kain sarung gombyor, kain misris (biasa), semi sutra, hingga sutra,” ujar Khofifah.

Menurut dia, kain dibuat berwarna-warni dengan motif Kediren seperti ceplok hingga lung.

Tertarik dengan Tenun Kediri? Khofifah mengimbau sempatkan untuk membelinya ya saat berkunjung ke Kediri-Jatim.

“Semangat IKM tenun Kediri,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, tenun ikat merupakan kain khas Kota Kediri. Kain tradisional itu punya sejarah yang cukup panjang, seperti asal usul Kota Kediri yang merupakan kerajaan tua dengan beragam kekayaan budayanya.

Dalam sejarahnya, tenun ikat sudah ada sebelum Indonesia merdeka atau pada masa pemerintahan Kerajaan Kediri sekitar abad 11-13.

Seorang sejarawan asal Belanda, Gerrit Pieter Rouffaer yang melakukan penelitian kain di Indonesia mengatakan, bahwa pola gringsing atau teknik dobel ikat di mana pola tersebut hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sudah dikenal dan digunakan sejak abad ke-12.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed