by

Gubernur Khofifah Sebut Jangan Lupa Sedotan Saat Menyantap Kaldu Kokot

-Wisata-7 views

IMEDIACYBER | Satu porsi bisa untuk satu keluarga. Ini adalah salah satu kuliner legend yang lezatnya bukan main dari Bumi Trunojoyo, Sampang.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Minggu (14/11/2021).

Kata Khofifah namanya Kaldu Kokot asal Pulau Madura. Bahan dasarnya kaki sapi yang direbus bersama racikan bumbu rempah khas selama berjam-jam demi menghasilkan cita rasa yang mantap jiwa.

“Saat ini memasaknya sudah dipisahkan, lemaknya sudah disaring,” ujar Khofifah

Khofifah mengingatkan jangan lupa pakai sedotan agar bisa menarik sum-sum yang ada di tengah-tengah tulang. Bagaimana, imbuh dia, bisa dibayangkan gurihnya kuliner ini? “Sempatkan untuk mencicipinya saat plesir ke Jawa Timur ya,” tutur Khofifah.

Sebagai informasi, di Madura, kaldu kikil ini lumrah disebut dengan kaldu kokot. Kokot dalam bahasa Madura berarti kikil.

Kaldu Kokot sudah sangat tersohor di Pulau Madura mulai tahun ’70-an. Masing-masing kabupaten memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikannya. Seperti di Kabupaten Sumenep, kuah kaldu dicampur dengan kacang tanah yang sudah diulek.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed