by

Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Longsor

-Berita-7 views

IMEDIACYBER | Melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (16/11/2021), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan beberapa arahannya saat melakukan peninjauan di lokasi kebencanaan terkait hidrologis (banjir dan longsor).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat (BPBD) Jawa Barat diarahkan mencatat ada 57 titik banjir yang terus dipantau dan diantisipasi di kabupaten/kota.

“Kami sudah mengaktivasi posko lapangan yang diantaranya akan menyiarkan peringatan dini bencana hidrometerologi ke wilayah kecamatan yang diprediksi akan terdampak banjir dan longsor selama 24 jam,” ujar Emil sapaan Ridwan Kamil.

Emil mengatakan, fenomena La Nina mengakibatkan curah hujan naik 30 persen di awal musim ini dibanding awal musim hujan tahun lalu. Dan diperkirakan di puncaknya terjadi Januari-Maret 2022 kenaikannya akan mencapai 70 persen.

Emil berharap para Bupati/Walikota memastikan kesiapsiagaan aparat kewilayahannya di tingkat kecamatan agar bisa segera merespon setiap peringatan dini yang disampaikan dengan langkah-langkah mitigasi dan evakuasi dini.

Menurut Emil, penanganan bencana dan lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri, ini perlu dilakukan bersama-sama

Emil menyebut penanganan banjir yang terintegrasi dan melibatkan semua pihak, mulai dari pemerintah, komunitas, sampai masyarakat, dapat meminimalkan potensi sekaligus dampak banjir di Provinsi Jawa Barat

“Untuk warga Jawa Barat, tetap waspada di musim hujan ini dan jangan buang sampah di sungai dan selokan ya,” demikian tutup Emil.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed