by

Ustadz Wijayanto: Menafkahi Keluarga Adalah Tugas Suami

-Kajian-14 views

IMEDIACYBER | Pilot dan ko-pilot terbaik adalah mereka yang bekerja sama secara harmonis sebagai sebuah tim. Mereka berdua saling membutuhkan dan tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa dukungan pasangannya.

Hal tersebut disampaikan ulama Indonesia terkenal, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (17/11/2021).

Jika kita memvisualisasikan anak-anak sebagai penumpang, menurut Uwi maka tanggung jawab pilot dan co-pilot adalah memastikan penumpangnya memiliki penerbangan yang aman dan menyenangkan sampai mereka mencapai tujuan akhir.

Allah (SWT) berfirman di dalam Alquran tentang pasangan menikah: “Laki-laki (suami) bertanggung jawab atas perempuan (istri) karena Allah telah melebihkan mereka (suami) atas sebagian yang lain dan karena mereka (suami) telah memberikan nafkah (untuk pemeliharaan) dari hartanya…” (QS An-Nisa ayat 34).

Jadi, tutur Uwi, menafkahi keluarga dan menutupi pengeluarannya adalah tugas utama suami, bukan istri.

“Ini tidak berarti seorang istri tidak dapat berkontribusi pada pengeluaran keluarga jika dia mau dan mampu, tetapi itu bukan tanggung jawab utamanya,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed