by

Ustadz Wijayanto: Menikah Karena Niat untuk Ibadah

-Kajian-5 views

IMEDIACYBER | Jangan menikah hanya karena mengikuti trend, tetapi menikahlah karena niat untuk ibadah dan menyempurnakan separuh agama.

Demikian disampaikan ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (20/11/2021).

Bagaimana jika ingin segera menikah? Uwi mengatakan boleh, sangat dipersilakan.

Uwi menyebut asal sudah dipersiapkan dengan baik dan matang. Persiapan yang sesungguhnya adalah persiapan menghadapi kehidupan setelah akad terucap dan janji pernikahan yang terikat.

Jamaah sekalian, tutur Uwi, khususnya yang belum menikah. inget ya, nikah itu jangan tergesa-gesa, jangan hanya mengikuti trend. “Ustad, teman saya sudah menikah, jadi saya mau menikah juga secepatnya”. Boleh, asal sudah dipersiapkan dengan baik dan matang, tidak tergesa-gesa.

Menurut Uwi, nikah yang tergesa-gesa itu tahawwur, artinya sembrono dan tanpa perhitungan. Padahal menikah itu diperlukan ilmu. Kebanyakan orang saat ini saat menikah hanya memikirkan WO-nya, EO-nya, gedungnya, souvenirnya, dan segala hal untuk resepsi yang hanya beberapa jam saja.

Uwi menjelaskan, persiapan pernikahan yang sesungguhnya adalah persiapan menghadapi kehidupan setelah menikah, setelah akad terucap dan janji pernikahan terikat.

“Jadi, sebelum menikah periapkan diri dengan ilmu, dipersiapkan matang-matang, mentalnya, komitmen, dan tujuan pernikahannya jelas. Supaya setelah menikah terbentuk keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed