by

Hentikan Kegiatan Ini Sekarang Agar Tidak Gemuk

-Ragam-8 views

IMEDIACYBER | Bertambahnya berat badan bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan sebenarnya tidak selalu disebabkan oleh makanan. Penyebab kegemukan berasal dari kombinasi pola diet yang tidak sehat dan kurang aktivitas fisik.

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan kegiatan yang jadi kebiasaan sehari-hari. Berdasarkan Healthline, kegiatan yang bikin gemuk umumnya berasal dari hal-hal kecil namun diabaikan.

Sayangnya, kegiatan tersebut sering dilakukan berulang tanpa disadari. Inilah sejumlah kegiatan yang bikin gemuk dan harus diubah mulai sekarang.

Faktor Pertemanan
Memiliki kehidupan sosial memang penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan, pekerjaan, dan kebahagiaan.

Namun, kehidupan sosial yang terlalu dominan sangat memengaruhi gaya hidup menjadi kurang sehat. Karena biasanya Anda akan lebih sering mengonsumsi makan-makanan instan, manis-manis, dan tinggi sodium.

Apalagi jika circle pertemanan terbiasa minum-minuman beralkohol dan mengonsumsi junk food, hal tersebut tentu besar sekali pengaruhnya terhadap kebiasaan Anda.

Terlalu Lama Duduk
Kegiatan yang bikin gemuk selanjutnya yaitu terlalu lama duduk dan kurang aktif bergerak. Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh orang dewasa.

Hasil penelitian menunjukkan, orang yang suka duduk lama berpotensi mengalami obesitas. Mereka juga memiliki risiko penyakit kronis dan kematian dini lebih tinggi.

Apabila pekerjaan Anda melibatkan duduk dalam waktu lama, pastikan untuk berolahraga terlebih dulu sebelum bekerja.

Naik Lift dan Eskalator
Kebiasaan menghindari tangga manual dan memilih menggunakan lift atau eskalator, termasuk kegiatan yang bikin gemuk.

Apabila tidak terburu-buru sehingga memungkinkan untuk menaiki tangga manual, kegiatan ini justru membantu tubuh membakar kalori. Penelitian menunjukkan, menaiki anak tangga hingga 20 langkah setara dengan membakar 8 kalori.

Makan Terlalu Cepat
Kebiasaan makan terlalu cepat sambil mengunyah terburu-buru cenderung bisa membuat badan gemuk. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan terlalu cepat berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Kondisi ini membuat Anda secara tidak langsung mengonsumsi kalori dalam jumlah besar sampai kekenyangan. Nantinya sisa kalori itu disimpan oleh tubuh dan menumpuk jadi lemak.

Kurang Mminum Air Putih

Selain dehidrasi, kurang minum juga dapat memicu kegemukan. Ketika kekurangan cairan, tubuh jadi sulit mengartikan antara rasa lapar dan haus.

Menurut para ilmuwan, orang yang minum dua gelas air sebelum sarapan cenderung akan mengonsumsi sedikit kalori dibanding orang yang tidak minum di awal makan.

Perlu diketahui bahwa air putih ini nol kalori. Mengganti minuman manis menjadi air putih sama halnya dengan mengurangi asupan kalori harian sebesar 200 Kkal.

Stres
Stres, merasa tertekan, sampai terlalu sibuk dengan pekerjaan, hingga tidak memiliki waktu bersantai, ikut menyumbang terhadap kegemukan.

Tingkat stres yang berkepanjangan erat kaitannya pada penumpukan lemak di perut, sebab memicu perilaku makan yang emosional dan kurang memperhatikan nutrisi makanan.

Keadaan ini dapat diatasi dengan cara meditasi untuk mengurangi kadar stres. Nantinya hal itu akan berpengaruh pada pola makan supaya menjadi lebih baik.

Kurang Tidur
Kurang tidur nyatanya mempunyai dampak buruk terhadap perubahan hormonal, kehilangan motivasi untuk berolahraga, sampai kegemukan.

Berdasarkan penelitian, perempuan yang kurang tidur dari 5 jam per hari sangat berisiko mengalami kenaikan berat badan dibanding mereka yang tidur cukup selama 7 jam.

Efek buruk akibat kurang tidur yaitu lebih mudah memiliki tumpukan lemak di perut atau lemak visceral, sebagai penyebab penyakit kronis.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed