Khofifah Perkenalkan Nasek Karak, Kuliner Khas Situbondo

Instagram

IMEDIACYBER | Kalau sedang lewat atau berkunjung ke Situbondo, Jawa Timur jangan pernah melewatkan untuk menyantap Nasek Karak, kuliner khas Situbondo yang tidak akan ditemui di tempat lain.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (1/6/2022).

Read More
banner 300x250

Khofifah mengatakan, sekilas isiannya tampak sederhana, karena hanya terdiri nasi beraroma pandan, ikan segar goreng, sambal pedas, oseng tahu, dan kerupuk.

Tapi, tambah Khofifah, yang bikin spesial adalah nasinya kemudian ditaburi parutan kelapa agar semakin gurih. Lebih afdol jika disajikan hangat ditemani secangkir kopi.

“Sudah terbayangkan rasanya?,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, Karak adalah beras yang berasal dari nasi yang telah dikeringkan. Namun di Situbondo, karak yang telah ditanak lagi ini jadi menu ciamik untuk kudapan maupun santapan.

Nasek Karak berasal dari bahasa warga setempat. Nasek, dalam bahasa Indonesia artinya nasi. Dan, Karak yang berarti bekas nasi yang telah dikeringkan.

Nasek Karak merupakan makanan khas di wilayah berjuluk Kota Santri ini. Konon, menu ini sudah ada sejak turun temurun. Biasanya disajikan sebagai menu makan berat atau kudapan sore, sembari minum kopi.

[ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *