Gubernur Anies Hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara

Instagram
Sehat Kuat Hebat Tanpa Narkoba

IMEDIACYBER | Air bersih adalah hak dasar warga. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (30/6/2022).

“Alhamdulillah pagi ini kita hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, mensyukuri 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan ini. Selama puluhan tahun warga harus membeli air di jeriken atau menadah air hujan,” ujar Anies.

Read More
banner 300x250

Menurut perhitungan PAM Jaya, tutur Anies, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan. Dengan total pengeluaran per bulannya Rp800 ribu-Rp1 juta. Setelah ada pipa air bersih, kata Anies kini warga hanya bayar Rp50 ribu sampai Rp80 ribu per bulan.

“Ini penghematan yang luar biasa,” pungkas Anies.

Menurut Anies, biaya yang tadinya habis untuk belanja air bisa turun 95 persen. Artinya pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lainnya.

Dalam acara hajatan ini, Anies menyebut kami bersama Dirut PAM Jaya Syamsul Bachri, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan jajaran, serta anggota DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar dan Gani Suwondo, meletakkan pipa untuk pemasangan tahap lanjutan, agar warga Kamal Muara dapat akses air bersih secara merata.

“Pembangunan akses air perpipaan ini merupakan komitmen kami dalam pemerataan keadilan sosial dan mengurangi penurunan muka tanah serta kerusakan lingkungan di Jakarta,” jelas Anies.

Saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12.

Juga 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang tersambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01 – 08. Total sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM Jaya melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini akan terus bertambah.

“Semoga masuknya jaringan PAM menjadi keberkahan bagi masyarakat Kamal Muara,” tukas Anies.

Anies pun memberi apresiasi untuk seluruh jajaran PAM Jaya atas upayanya memastikan pipa air bersih menjangkau sampai ujung kampung. Anies mengucapkan terima kasih juga atas dukungan teman-teman anggota dewan, Pak Gani dan Pak Basri yang dapilnya di Kamal Muara juga.

“Terima kasih untuk warga Kamal Muara yang terbuka dan mendukung kegiatan pipanisasi ini. Insya Allah ini buat kebaikan kita, untuk kemaslahatan semua,” demikian tutup Anies.

[ary]

Bahaya Miras

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.