Anies Tinjau Proses Pemotongan Hewan Kurban di RPH Dharma Jaya Cakung

Instagram

IMEDIACYBER | Usai salat Ied di JIS, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku mengunjungi fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur, meninjau langsung proses pemotongan hewan kurban.

“Hari ini ada 100 lebih sapi yang dipotong dan tiga hari ke depan akan memotong 500 ekor sapi,” ujar Anies dikutip dari aku media sosial Instagram pribadinya, Minggu (10/7/2022).

Read More
banner 300x250

Anies melihat pemotongan di sini bukan hanya dilakukan dengan cepat. Tetapi juga menggunakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang lengkap dari para petugas kita semua. Sehingga dipastikan sapi yang dipotong sehat, higienis, dan praktis, serta siap kosumsi.

Anies mengatakan, dengan adanya RPH Dharma Jaya makin memudahkan bagi masyarakat bila mereka harus melakukan pemotongan hewan, khususnya sapi. Tinggal dibawa ke sini, dan mereka ambil dagingnya sudah dikemas dengan baik dan siap didistribusikan.

Anies mengungkapkan, setelah dari RPH Dharma Jaya pulang ke rumah untuk sama-sama dengan keluarga makan lontong, makanan lebaran seperti biasa. Sehabis kumpul keluarga, lanjut dia, kemudian ke Musala Babul Khairat. “Setiap tahun kampung sini memang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di Musala Babul Khairat. Tahun ini ada 9 sapi dan 20 kambing yang dikurbankan,” terang Anies.

Menurut Anies, setiap tahun juga biasanya membantu menyembelih hewan kurban di sini. Alhamdulillah, ucap Anies, penyembelihan sapi tadi lancar, Insya Allah hari ini bisa tuntas semua dibagikan kepada yang berhak.

Kata Anies tadi juga mengajak anak-anak untuk melihat langsung prosesi ibadah kurban. Sebagaimana ketika dulu masih kecil oleh orang tua kita diajak untuk proses pemotongan hewan kurban yang disebut sebagai tradisi atau budaya. Sesuatu yang menjadi pengalaman unik bagi kita semua pada masa itu.

Anies berharap dengan anak-anak itu diajak setiap tahun maka mereka mengalami proses pembiasaan.

“Sehingga kelak, nanti ketika sudah dewasa mereka pun akan terbiasa mendatangi, terlibat langsung, dan merasakan manfaatnya di masa depan,” demikian tutup Anies.

[ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *