Fahira Idris: Ketersediaan Darah Harus Terjaga

Net

IMEDIACYBER | Kegiatan Kolaborasi Sosial Kemanusiaan “Donor Darah Untuk Negeri” yang rutin diselenggarakan oleh Anggota DPD RI Fahira Idris kembali digelar. Kali ini berlangsung di Kecamatan Kemayoran, tepatnya SMA Kartini 1, Jakarta Pusat (17/12/2022).

Kegiatan yang merupakan rangkaian Bakti Sosial Fahira Idris di 44 Kecamatan yang ada di Jakarta ini, ingin memastikan ketersediaan stok darah terus terjaga karena mampu menyelamatkan banyak nyawa. Terlebih Indonesia adalah negara rawan bencana.

Read More
banner 300x250

“Tentunya kita berdoa agar negeri kita ini dijauhkan dari bencana alam. Namun, sebagai negeri rawan bencana, kita harus selalu bersiap-siap terutama menjaga ketersediaan stok darah untuk menolong para korban bencana yang membutuhkan darah. Dapat dipastikan, setiap terjadi bencana alam di mana saja, tingkat kebutuhan darah akan meningkat. Ini harus kita antisipasi agar semakin banyak korban bencana yang tertolong. Oleh karena itu, kegiatan donor darah ini akan menjadi agenda bakti sosial rutin yang akan kita gelar di 44 kecamatan yang ada di Jakarta,” ujar Fahira Idris di sela-sela kegiatan donor darah. Hadir juga dalam kegiatan donor darah ini Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Pimpinan Yayasan Kartini Gunarijah Kartasasmita dan Syarifudin perwakilan PMI DKI Jakarta.

Dalam kegiatan donor darah yang berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara, Sekolah SMA Kartini 1 Jakarta, PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Kota Jakarta Pusat, dan Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) ini, antusiasme warga sebagai relawan donor darah sangat tinggi. Ini karena, selain selama pandemi kegiatan donor darah belum terlalu banyak digelar, kesadaran warga bahwa donor darah baik bagi kesehatan juga meningkat.

Selain darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti korban bencana, kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah, ternyata donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor. Salah satunya, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Alhamdulilah, kali ini kita memperoleh sebanyak 250 kantong darah. Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kuatnya kolaborasi warga Jakarta dalam kegiatan donor darah ini. Begitu besarnya rasa sosial dan kesetiakawanan warga Jakarta terutama warga Kemayoran yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik sebagai penyelenggara maupun warga yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Semoga kolaborasi kita, warga Jakarta semakin kuat terjaga sebagaimana branding Jakarta sebagai kota kolaborasi,” ujar Senator Jakarta ini.

Sebagai informasi, setelah sebelumnya berhasil menggelar donor daerah di lima kota administrasi (Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan), kini kegiatan donor darah yang bertajuk “Donor Darah untuk Negeri” digelar di level kecamatan. Secara rutin dan berkala kegiatan ini akan diselenggarakan di 44 kecamatan yang ada di Jakarta untuk memastikan ketersediaan stok darah terjaga.

[ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *