Gubernur Khofifah Kukuhkan Forum Industri Hijau

Instagram

IMEDIACYBER | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Forum Industri Hijau di sela kegiatan Gebyar Kreatifitas dan Inovasi Industri Jawa Timur di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Jumat (28/7/2023).

Dalam acara yang mengangkat tema Kebangkitan Ekonomi Jawa Timur Melalui Industri Hijau ini, Khofifah mengajak seluruh elemen strategis menyatukan langkah mewujudkan green industry di Jatim. Yang mana inisiasi ini juga dalam koridor mewujudkan green economy di Jatim dan juga Net Zero Emission di tahun 2060 mendatang.

Read More
banner 300x250

Khofifah mengatakan, di banyak forum internasional perubahan iklim sering dirumuskan banyak kesepakatan baru. Termasuk di sektor industri tertentu yang produknya diekspor ke negara tertentu, biasa mempersyaratkan mereka harus punya kualifikasi sebagai industri hijau.

“Fyi, perusahaan di Jatim yang sudah berstandar industri hijau ada 344 perusahaan. Tapi dari jumlah itu yang sudah mendapatkan sertifikat industri hijau baru 11 perusahaan,” jelas Khofifah melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (29/7/2023).

Oleh sebab itu, lanjut Khofifah, guna mengakeselerasi perusahaan di Jatim agar bisa mendapatkan sertifkat industri hijau lebih masif maka Pemprov Jatim membentuk Forum Industri Hijau ini menjadi kebutuhan mendesak.

Disebutkan Khofifah, ada enam elemen yang tergabung dalam forum hijau Jatim. Yaitu perguruan tinggi, pelaku usaha, lembaga sertifikasi, lembaga penelitian, pemprov dan lembaga keuangan.

“Enam lembaga ini akan menjadi kekuatan untuk mengidentifikasi kebutuhan untuk mewujudkan industri hijau di Jatim lebih masif,” demikian tutup Khofifah.

[ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *