Pendapat Warga Semanan tentang Perbaikan Jalan H Bayar pada Musrenbang

Pendapat Warga Semanan tentang Perbaikan Jalan H Bayar pada Musrenbang

IMEDIACYBER | Momen musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dimanfaatkan oleh warga untuk menyuarakan usulan pembangunan tahun depan. Namun, banyak warga yang merasa kecewa karena usulan yang mereka sampaikan dalam musrenbang belum juga direalisasikan.

Salah satunya adalah aspirasi masyarakat yang diungkapkan dalam musrenbang tahun 2023, yaitu permintaan pengaspalan Jalan H Bayar sebagai akses utama bagi warga RT 06/04, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Ketua RT 06, Marudin, menyatakan bahwa sebagian besar usulan masyarakat untuk pengaspalan jalan di Jalan H Bayar belum terpenuhi sepenuhnya.

“Usulan ini merupakan kelanjutan dari permintaan warga dalam Musrenbang,” ujarnya pada Jumat (1/3/2024).

Dia mengakui bahwa beberapa bagian jalan yang rusak telah diperbaiki oleh masyarakat dengan menggunakan cor semen, tetapi sekarang cor tersebut sudah mengelupas dan meninggalkan kerikil tajam.

“Beberapa jalan telah diperbaiki secara mandiri dengan cor semen karena warga sangat prihatin dengan kondisi jalan yang rusak,” katanya.

Marudin berharap pengaspalan jalan di wilayah tersebut dapat direalisasikan segera karena kerusakan jalan tersebut menghambat mobilitas warga.

“Harapan kami adalah agar usulan dari warga dapat segera terlaksana dan menjadi prioritas, sehingga warga dapat terbantu dengan adanya Musrenbang,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa kondisi jalan ini telah dua kali disurvei oleh petugas Sudin Bina Marga.

“Meskipun sudah dilakukan pengukuran oleh petugas, namun hingga saat ini pengaspalan jalan belum juga direalisasikan,” katanya.

Warga sekitar, Madsanih Manong, menyebutkan bahwa kondisi jalan yang belum diaspal rawan berubah menjadi lumpur ketika musim hujan tiba.

“Beberapa bulan lalu, kami melakukan kerja bakti untuk mengecor sebagian jalan yang semakin parah rusaknya, tetapi ketika hujan deras, jalan tersebut menjadi banjir,” ujarnya.

“Pemprov DKI seharusnya lebih peka terhadap keluhan masyarakat mengenai pengaspalan jalan yang belum dilakukan,” tambah Madsanih.

Dia juga menyatakan bahwa di lokasi tersebut sering terjadi genangan air saat musim hujan, karena jalan yang rusak dan saluran air yang tidak berfungsi dengan baik.

“Kami berharap usulan Musrenbang aspirasi warga RT 06/04 Kelurahan Semanan bisa direalisasikan tahun ini,” pungkasnya.

[ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *